Baru-baru ini, banyak orang yang membagikan profil Threads melalui Instagram Story. Di Twitter juga cukup ramai pembahasan mengenai Threads. Kehadirannya yang mencuri perhatian membuat orang bertanya-tanya, apa kegunaan Threads Instagram sebenarnya?
Pada 6 Juli 2023 lalu, Meta melalui Mark Zuckerberg mengumumkan peluncuran sebuah platform baru, yaitu Threads by Instagram. Media sosial baru ini muncul dengan misi untuk menyaingi Twitter.a
Apa Itu Threads Instagram?
Sebelum membahas tentang kegunaan Threads Instagram, sebaiknya kenalan dulu dengan platform yang satu ini. Threads merupakan platform media sosial baru yang berfokus pada konten berbasis teks. Ini adalah salah satu produk baru Meta.
Untuk menggunakan Threads, pengguna diharuskan untuk punya akun Instagram terlebih dahulu. Pasalnya, aplikasi ini tidak menawarkan opsi lain untuk sign up, misalnya menggunakan email atau nomor telepon.
Keterbatasan ini terjadi karena Threads memang diperkenalkan sebagai “anak” dari Instagram. Jika Instagram lebih fokus pada konten visual berupa foto dan video, Threads ini lebih fokus pada teks. Konsepnya mirip dengan Twitter.
Apa Saja Kegunaan Threads Instagram?
Secara umum, kegunaan dari Threads adalah untuk berbagi dan berinteraksi dengan para pengguna lainnya. Fungsinya kurang lebih sama seperti media sosial pada umumnya. Mari simak penjelasan berikut untuk memahami kegunaan dari Threads dengan lebih detail.
1. Mulai Membagikan Thread
Para pengguna Threads Instagram bisa menggunakan platform satu ini untuk membagikan Thread. Thread adalah sebutan untuk post yang dibagikan oleh pengguna kepada para pengikutnya. Pihak Meta atau Instagram membatasi pengguna untuk membagikan tulisan tidak lebih dari 500 karakter.
Jika memang ingin membagikan sebuah tulisan yang panjang, pengguna bisa menambahkan thread baru yang terhubung dengan thread sebelumnya. Konsep ini mengingatkan pada utas, kultwit, atau thread yang sebelumnya sudah populer di Twitter.
Meski lebih fokus pada konten-konten berbasis teks, pengguna tetap bisa menambahkan foto maupun video di dalam konten yang dibagikannya.
2. Mengikuti Pengguna Lain
Kegunaan Threads Instagram selanjutnya adalah memungkinkan pengguna untuk mengikuti kehidupan dari pengguna lain, seleb atau artis misalnya. Namun tidak sedikit juga pengguna Threads yang saling mengikuti temannya di dunia nyata.
Ketika sudah mengikuti orang lain di Threads, pengguna bisa melihat update-an thread dari orang tersebut di halaman home. Saat ini, halaman home di Threads memang lebih banyak menampilkan konten dari orang-orang yang difollow saja.
Artinya, pengguna bisa lebih mudah mendapatkan update terbaru dari orang yang diikutinya dibandingkan dengan Twitter.
3. Berinteraksi di Thread Milik Orang Lain
Satu-satunya interaksi yang bisa dilakukan antar sesama pengguna Threads Instagram adalah membalas atau reply thread milik orang lain. Pengguna bisa saling membalas thread untuk berinteraksi. Namun pemilik thread punya hak untuk membatasi siapa saja yang bisa reply postingannya.
Hal ini bisa diatur sesaat sebelum membagikan thread untuk publik. Pilihan audiens yang bisa reply sebuah thread terbagi menjadi beberapa jenis berikut ini:
- Semua orang atau anyone
- Hanya orang-orang yang diikuti atau difollow oleh pemilik thread
- Orang-orang tertentu yang dimention
Karena adanya pengaturan tersebut, kamu mungkin saja menemukan thread yang tidak bisa di-reply. Kalau ini terjadi, ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama, kamu mungkin tidak difollow pemilik thread atau pemilik tidak menyebutkan kamu dalam daftar orang yang bisa reply thread tersebut.
4. Bermedia Sosial dengan Lebih Tenang
Threads Instagram memungkinkan penggunanya untuk bermedia sosial dengan lebih tenang. Pasalnya, platform ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk mute kata-kata tertentu. Pengguna bisa dengan bebas mengatur “muted words” agar tidak muncul di timeline.
Dengan begitu, pengguna tidak akan menjumpai konten-konten yang tidak disukainya. Ini jelas lebih menyenangkan, bukan?
5. Membagikan Thread kepada Orang Lain
Ada 3 cara untuk membagikan thread kepada orang lain. Pertama adalah dengan repost, fungsinya sama persis seperti retweet di Twitter. Jika melakukan ini, thread yang sudah direpost bisa dilihat oleh pengikutmu.
Opsi kedua untuk membagikan thread kepada orang lain adalah dengan quote. Konsepnya mirip dengan repost, tapi pengguna bisa menambahkan keterangan atau caption. Cara ini juga memungkinkan pengikutmu untuk melihatnya.
Threads juga menyediakan opsi untuk membagikan thread kepada orang-orang di luar platform tersebut. Pengguna bisa membagikannya ke Instagram atau aplikasi lain yang mendukung.
6. Memperkuat Branding
Terakhir, kegunaan dari Threads adalah memperkuat branding bagi para pebisnis. Threads bisa digunakan untuk menjalin relasi yang lebih dekat dengan para konsumen. Dengan memaksimalkan platform ini, branding sebuah bisnis akan menjadi lebih kuat.
Jangkauan yang dimiliki oleh Threads memang terbilang sempit karena terbatas pada followers saja. Namun ini bisa menjadi keuntungan untuk menjalin kedekatan dengan para pelanggan setia. Jika memang perlu untuk menjangkau konsumen baru, pebisnis bisa memanfaatkan platform lain seperti IG.
Ada kemungkinan bahwa kegunaan Threads Instagram akan semakin banyak dan meluas. Mari tunggu saja perkembangan apa saja yang akan dibawa Meta pada platform pesaing Twitter yang satu ini.
Baca Juga: