Shopee adalah salah satu platform terpercaya yang menyediakan berbagai fitur termasuk fitur riwayat pembelian yang telah selesai dilakukan hingga pembatalan pembelian. Seiring dengan itu, beberapa pengguna perlu mengetahui cara menghapus riwayat pembelian di Shopee karena satu-dua hal.
Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari kurang nyaman jika kegiatan berbelanja yang dilakukannya diketahui orang lain hingga ingin menghapus segala jejak pembelian di Shopee. Apabila menghadapi situasi yang sama, simak ulasan di bawah untuk bisa menghapus riwayat pembelian di Shopee.
Cara Menghapus Riwayat Pembelian di Shopee
Topik kali ini cukup banyak ditanyakan karena memang aplikasi Shopee sendiri belum menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk menghapus riwayat pembelian. Lantas, apakah masih terdapat alternatif lain yang bisa ditempuh untuk menghilangkan riwayat pembelian yang telah dilakukan?
Tentu saja ada, namun pengguna harus memperhatikan hal-hal lain yang akan terdampak dari menghapus riwayat pembelian di Shopee. Ini karena pengguna hanya bisa menghapus data akun untuk bisa menghapus riwayat pembelian yang pernah dilakukan di Shopee.
Selain menghilangkan data riwayat pembelian, menghapus akun juga akan menghilangkan data rekening, Shopee PayLater, ShopeePay, hingga seluruh informasi dan data akun. Karena itu diharapkan pengguna sudah memindahkan saldo ShopeePay jika ada dan merelakan segala data akun yang telah didaftarkan.
Jika sudah memahami konsekuensi yang akan diterima nantinya, inilah cara menghapus riwayat pembelian di Shopee dengan menghapus data akun:
- Buka menu pengaturan yang terdapat di handphone
- Pada halaman utama pengaturan, cari dan pilihlah opsi ‘Manajemen Aplikasi’ atau pada beberapa ponsel jenis tertentu pilihlah opsi ‘Kelola Aplikasi’
- Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Aplikasi Terinstal’
- Halaman akan memunculkan semua aplikasi yang terinstal dalam ponsel, ketuk pilihan ‘Shopee’ dengan logo aplikasi Shopee yang khas berwarna orange
- Klik menu opsi ‘Hapus Data’ atau ‘Clear Data’ yang biasanya terletak di bagian bawah halaman
- Selesai, data akun di dalam Shopee akan langsung terhapus dan pengguna perlu mendaftar kembali untuk bisa login dalam aplikasi
Cara seperti di atas akan menghapus segala informasi termasuk menghapus pemesanan yang dibatalkan di Shopee, riwayat pesanan selesai, hingga riwayat pencarian dan data akun.
Penyebab Tidak Adanya Fitur Hapus Riwayat Pembelian di Shopee
Untuk platform sebesar dan seglobal Shopee, pastilah terdapat berbagai alasan mengapa tidak terdapat fitur yang bisa digunakan untuk menghapus riwayat pembelian. Karena sebagaimana yang diketahui, di dalam riwayat pemesanan sendiri terekam data-data yang mungkin akan penting di kemudian hari.
Sementara itu, pihak Shopee sendiri hingga saat ini belum memberi keterangan akan tidak adanya fitur yang mungkin dibutuhkan beberapa pengguna ini. namun mengingat hal-hal yang tercantum di dalam riwayat pemesanan, inilah sederet alasan yang bisa menjadi alasan tidak adanya fitur tersebut:
1. Data Pesanan yang Penting
Riwayat pembelian memuat segala hal mendetail terkait pemesanan yang dilakukan oleh konsumen. Ini mulai dari nama produk, alamat tujuan, metode pembayaran, nomor resi, hingga tanggal dikirimnya barang dan tanggal sampainya barang ke alamat tujuan.
Karena itulah cara menghapus riwayat pembelian di Shopee hanya bisa dilakukan secara manual dengan menghapus data aplikasi. Pasalnya tentu Shopee sendiri mungkin juga akan mengalami resiko jika menyediakan fitur yang bisa menghilangkan segala rekam jejak berisikan data penting seperti di atas.
2. Memudahkan Repeat Order
Data riwayat pembelian akan sangat berguna jika suatu saat pengguna ingin memesan kembali barang yang sebelumnya telah dipesan atau istilah lainnya repeat order. Seiring dengan itu, bisa dipahami mengapa tidak terdapat cara untuk hapus pesanan di Shopee food dan semacamnya.
Karena nantinya fitur inilah yang malah bisa digunakan apabila pengguna ingin memesan makanan hingga barang favorit yang pernah dibeli namun lupa dengan nama produk atau tokonya. Untuk repeat order, pengguna hanya perlu memasuki menu ‘pesanan selesai’ dan klik ‘beli lagi’ di produk yang diinginkan.
3. Untuk Menjaga Keamanan Bertransaksi
Adanya segala data penting yang tercantum dalam riwayat pembelian secara transparan akan mewujudkan transaksi jual beli online yang aman untuk semua pihak. Ini karena baik penjual dan pembeli sama-sama bisa mengecek data tersebut kapanpun jika terdapat kendala.
Sementara pihak Shopee juga bisa melakukan pengawasan atas segala bentuk penipuan atau pelanggaran dengan adanya riwayat pembelian. Mungkin jika fitur menghapus riwayat pembelian dihadirkan, maka beberapa pihak terkait akan kesulitan mendapat bukti saat terjadi kendala atau masalah.
4. Bukti Penting Saat Terdapat Kendala
Dalam bertransaksi, tentu dalam satu dua kesempatan pastilah terdapat kendala atau kesalahan yang bisa dilakukan oleh penjual atau pembeli secara tidak sengaja. Misalnya saja, pembeli tidak teliti dan keliru memilih varian produk yang dipilih.
Maka saat produk sudah sampai di tangan pembeli dan ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkannya, pihak penjual bisa menunjukkan bukti riwayat pemesanan. Riwayat inilah yang menunjukkan ada di pihak manakah kelalaian terjadi.
Di pihak pembeli yang tidak teliti memilih varian ataukah di pihak penjual yang tidak mengirimkan produk sesuai dengan detail yang telah dipilih oleh pembeli. Dengan poin ini bisa dipahami mengapa tidak terdapat cara menghapus riwayat pembelian di Shopee langsung melalui fitur aplikasinya.
5. Untuk Melacak Barang
Pernah memesan barang di Shopee namun barang tidak kunjung sampai-sampai? Jangan terlanjur marah-marah dulu pada penjual karena bisa jadi kendala terjadi di pihak jasa ekspedisi pengiriman. Jika mengalami masalah seperti ini, maka konsumen bisa menggunakan fitur lacak barang di riwayat pesanan.
Nantinya halaman tersebut akan menampilkan mulai dari kapan pesanan tersebut di kemas, dikirim penjual, hingga masih sampai di daerah mana. Dengan fitur ini pengguna juga bisa tahu apakah pembeli sudah tepat waktu atau tidaknya dalam mengemas hingga mengirim produk tersebut.
6. Untuk Pengajuan Pengembalian Barang
Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, tidak jarang pengirim melakukan satu dua kesalahan yang mungkin tidak sengaja. Jika konsumen merasa barang yang diterimanya tidak sesuai, maka pihak Shopee memberikan solusi dengan menghadirkan fitur pengajuan pengembalian barang.
Menariknya, fitur ini bisa ditemukan dalam fitur riwayat pembelian. Artinya, jika saja Shopee menyediakan fitur menghapus riwayat pembelian dan konsumen menggunakan fitur tersebut, maka barang tidak akan bisa dikembalikan meski kesalahan ada di tangan penjual.
Hal-hal seperti ini tentu akan membuat konsumen kecewa dan pengalaman berbelanja di Shopee menjadi menurun. Itulah mengapa penting untuk tetap membuat riwayat pembelian masih ada dan dapat diakses kapanpun saja meskipun barang sudah sampai di alamat tujuan.
Dari ulasan di atas bisa diketahui bahwa cara menghapus riwayat pembelian di Shopee hanya bisa dilakukan dengan menghapus data aplikasi. Namun pengguna juga harus siap dengan konsekuensi seperti hilangnya segala data mulai dari data ShopeePay, rekening bank, hingga informasi akun.
Baca Juga: